Promosi Produk dan Jasa di Publikasi Online

Gambaran Bisnis Daily Deals di Indonesia


Apa itu bisnis daily deals? kata ini lebih sering terdengar oleh para online marketing. Simpelnya adalah penjualan kupon potongan  harga. Anda bisa lihat seperti groupon.com bisnis daily deals dari Amerika Serikat. Mari intip sekilas gambaran bisnis daily deals di Indonesia

Pada November 2011, pasar bursa global tersentak dengan aksi penguasa layanan daily deal dari Amerika Serikat, Groupon. Perusahaan yang menawarkan berbagai kupon dan diskon itu kini bernilai hampir 13 miliar dollar AS.keberhasilan Groupon ini mengangkat gengsi dari bisnis daily deal yang baru hangat kembali dua tahun lalu secara global. Untuk diketahui, Daily Deal adalah bagian dari e-commerce. Daily deal memiliki kekuatan sebagai mediator dari merchant dengan konsumen yang menawarkan diskon sebagai alat dari pemasaran.

Di Indonesia sudah ada contohnya diskon.com dan disdus.com. Kelihatannya cukup unik dan jarang diketahui. Konsumen membeli kupon dengan potongan kemudian ditukar dengan produk di marchant/atau tempat kupon tersebut.

Konsep kerja sama dengan para merchant

Memberikan ruang promosi bagi merchant untuk mengenalkan produk mereka kepada konsumen/member-member situs daily deals. Memberikan batasan minimal diskon agar promosi tersebut lebih berhasil. Menerima komisi apabila ada pembelian pada deal merchant tersebut. Kesepakatan kerja sama tersebut menerangkan besaran diskon, harga jual ke customer, dan komisi, serta tambahan-tambahan lainnya.

Intinya situs ecomerce daily deals adalah 
Media yang mempertemukan produsen/penjual/marchant dengan pembeli. Marchant akan mendapat pelanggan dengan promosi diskon harga yang dipromosikan situs daily deals.
Sedangkan  bagi konsumen dapat dengan mudah mendapat diskon yang pasti,kerena diskon hanya berlaku pada batasan waktu tertentu.

Marchant-marchant biasanya adalah rumah makan/resto, rumah kecantikan, paket wisata, tiket pesawat dll.
SHARE

Alifan

Hi. I’m . I’m Blogger, Search Engine Optimization, Business and StartUp Enthusiast

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar