Promosi Produk dan Jasa di Publikasi Online

Amankah Penggunaan Internet Banking?

Kemajuan teknologi saat ini, penggunaan internet banking sudah tersedia hampir di semua  Bank. Kasus penipuan, pencurian dan pembobolan di rekening bank oleh hacker, membuat orang tidak yakin menggunakan Internet Banking. Terutama di negara kita Indonesia, amankah penggunaan internet banking yang bertujuan memeberi kemudahan, atau malah memudahkan pencurian.

Cara pelaku pembobolan rekening. Kasus pencurian uang nasabah bank melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri / Automatic Teller Machine) yang diduga dilakukan dengan bantuan peralatan skimmer dan kamera pengintai itu ternyata sampai dengan hari ini belum sepenuhnya bisa diungkap.

Sama halnya pemcurian uang melalui internet banking, itu terjadi karena ada oknum luar yang mengetahui identitas rekening beserta pin. Selama ini pihak bank mengutarakan kasus pembobolan adalah kecerobohan nasabah. Faktanya jarang terjadi kasus pencurian melalui internet banking.

Poin penting bagi nasabah:
  1. Sistem keamanan Internet Banking saat ini tidak dapat mendeteksi tehnik perampokan lewat dunia maya tersebut.
  2. Perampok dengan mudah menggunakan fasilitas internet akses publik untuk menyembunyikan jejak.
  3. Seluruh transaksi akibat perampokan dianggap legitimate secara sistem sehingga sepenuhnya merupakan tanggung-jawab nasabah.

Padahal 3 poin itu sepertinya kurang adil, karena pihak bank seperti lepas tangan. Seharusnya baik nasabah atau bank harus lebih hati-hati dan memperbaiki sistem deteksi. Selama ini terbukti masih ada kelemahan dari sistem Internet Banking. Pihak perbankan harus mencari tahu dimana letak titik-titik lemah pada sistem jaringan dan penyimpanan data yang ada di pihak perbankan sendiri. 

Tips Aman Internet Banking:
  1. Jangan sekali-kali memberikan data pribadi, nomor PIN, email, dan tanggal kadaluwarsa, ke orang lain. 
  2. Pastikan pengetikan alamat website login tak ada yang salah dan telah masuk ke website yang benar. 
  3. Jangan melakukan transaksi internet banking di tempat umum seperti wilayah hotspot.
  4. sebaiknya menggunakan komputer dan koneksi internet pribadi.

Kesimpulan Internet Banking di Indonesia sekarang sudah semakin aman. Para nasabah semakin sadar untuk  hati-hati, sedangkan pihak perbankan juga semakin memperbaiki sistem.


SHARE

Alifan

Hi. I’m . I’m Blogger, Search Engine Optimization, Business and StartUp Enthusiast

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar