Promosi Produk dan Jasa di Publikasi Online

Tablet 7 Inci Menjadi Idola

Pasar Tablet semakin ramai digemari kalangan masyarakat  menengah di Indonesia. Terbukti dari hasil riset Pasar International Data Corporation mencatat pertumbuhan besar dalam angka pengapalan perangkat tablet di Indonesia. Bisa dibilang Tablet 7 inci menjadi Idola baru sebagi gadget praktis serbaguna.

Pasar tablet didominasi perangkat Android yang pangsanya mencapai lebih dari 80 persen. "Sisanya iOS, perangkat Apple, platform-nya yang terlihat hanya dua itu."

Salah satu faktor pendukung perkembangan tablet di Indonesia, lanjut Darwin, adalah tingginya permintaan dari kalangan menengah di Indonesia. "Rising middle class, di Indonesia sendiri tablet dilihat sebagai bagian lifestyle, penggunaannya lebih ke arah gaming dan internet, bukan untuk membaca buku, misalnya."

Menurut Darwin, pertumbuhan tablet sedikit banyak akan berpengaruh ke penjualan PC karena masalah "wallet share" di mana konsumen akan lebih memilih tablet ketimbang PC atau notebook saat mencari perangkat untuk keperluan-keperluan ringan, seperti browsing dan mengakses media sosial.

Merek lokal sendiri disebut baru mulai efektif masuk pasar di kuartal dua dan tiga. Kebanyakan dari mereka, menurut Darwin lagi, masih "tasting the water" alias mencoba melihat respons pasar terlebih dahulu.

"Banyak pemain yang bersemangat masuk ke pasar tablet, salah satu sebabnya adalah karena sistem operasi Android yang bersifat open source bisa menekan ongkos produksi. Akan tetapi, saya khawatir bisa memicu perang harga," ujarnya.

Darwin mengatakan, perang harga ini bisa berakibat buruk ke user experience tablet kalau sampai mengorbankan kualitas. "Misalnya ada tablet 7 inci yang harganya 500 ribu, tetapi saat dipakai mengecewakan karena serba terbatas."


Referensi: http://tekno.kompas.com
SHARE

Alifan

Hi. I’m . I’m Blogger, Search Engine Optimization, Business and StartUp Enthusiast

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar