Promosi Produk dan Jasa di Publikasi Online

Sentra Gitar di Baki Sukoharjo

Salah satu pusat kerajinan Indonesia adalah di Baki Sukoharjo Solo, yaitu kerajinan alat music gitar. Sudah bertahun-tahun warga disana bekerja sebagai pembuat gitar. Produknya bukan hanya terkenal di Indonesia saja, tetapi sudah sampai mancanegara. Sentra gitar di Baki Sukoharjo bisa menjadi peluang usaha alat-alat music, karena menjadi home industri sekaligus grosir pemasok alat music gitar.

Lokasi Sentar Gitar Baki

Desa Mancasan, Kecamatan Baki, Sukoharjo
Dari pusat kota hanya berjarak tiga kilometer. Saat memasuki desa tersebut, kesibukan para perajin yang diiringi suara gemuruh mesin gergaji menjadi kegiatan harian para pekerja.

Desa Mancasan memang telah lama dikenal sebagai daerah home industry gitar. Sejak tahun 1975, para penduduk desa tersebut telah mulai merintis usaha pembuatan gitar. Kian lama, kian banyak perajin yang ikut membuat gitar dan lambat laun daerah ini pun kondang sebagai sentra pembuatan gitar.

Jenis gitar, mulai gitar elektrik, bas betot, biola, dan ukulele. Harganya pun beragam, menyesuaikan pasaran dan jenis bahan bakunya. Kalau pesanan dengan bahan baku istimewa, tentu harganya pun melambung sesuai dengan order. Beberapa bahan baku yang kerap mereka gunakan antara lain kayu mahoni, sengon, jati londo dan waru.

Kini hampir semua warga Desa Mancasan mengandalkan pendapatannya dari kerajinan membuat gitar, atau alat musik lain yang sejenis.Seperti kontrabas, cuk, rebab dan mandolin. “Baik buruknya kualitas gitar, ditentukan oleh jenis kayu yang dipakai. Pilihan kayu ini akan berpengaruh besar terhadap bunyi gaung gitar,” ujar Mujiono, perajin setempat. Gitar keluaran Desa Baki biasa dijual dengan kisaran harga antara Rp 100 ribu hingga Rp 300 ribu.

Sentra gitar Baki dikenal berkualitas baik, selalu mendapat pesanan dari berbagai toko alat musik di sejumlah kota seperti Surakarta, Jogja, Surabaya, Bandung dan Jakarta. Bahkan gitar produksi Desa Mancasan terbang sampai ke mancanegara. Produksi gitar para perajin di Desa Ngrombo dan Mancasan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, mampu menembus pasaran mancanegara, seperti Denmark, Jerman, dan Malaysia.
SHARE

Alifan

Hi. I’m . I’m Blogger, Search Engine Optimization, Business and StartUp Enthusiast

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. Untuk partai gimana cara pemesanannya dan Berapa Harganya?

    BalasHapus